menu melayang

POP UP NOTIFIKASI PEMBELI

Sabtu, 29 Januari 2022

Cara membuat share link google drive dengan 2 Cara paling Lengkap

Cara Mudah membuat share link google drive dengan 2 Cara paling Lengkap

Cara Mudah membuat share link google drive dengan 2 Cara paling lengkap

Cara Mudah membuat share link google drive dengan 2 Cara paling Lengkap. Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis.  Menyimpan File Pribadi | Seputar Internet, Google Drive. Google drive sama halnya seperti dropbox, merupakan aplikasi milik google yang berfungsi untuk menyimpan file secara online, sehingga file tersebut selain aman juga dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet.

Cara Mudah membuat share link google drive : lengkapGoogle drive menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan file secara online di internet karena google drive selain gratis juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yaitu sekitar 15 Gigabyite dan bisa ditambah lagi dengan cara menjadi pengguna premium.

Selain itu akses dan cara menggunakan google drive terbilang cukup mudah, syaratnya hanya perlu membuat akun email google saja,setiap email google secara otomatis akan langsung memiliki penyimpanan google drive yang bisa anda gunakan untuk menyimpan file anda.

Selain utnuk menyimpan file / dokumen, google drive juga dilengkapi dengan fitur sharing data, dengan fitur ini pengguna email google akan lebih mudah share atau membagikan link file yang mereka miliki kepada pengguna google drive lainnya, bahkan pengguna juga bisa membuat direct link download yang cukup bermanfaat untuk menyediakan download file langsung yang tersimpan di google drive.

Ada banyak sekali fitur yang sudah disiapkan oleh google drive yang siap digunakan, namun di artikel kali ini saya hanya akan membahas bagaimana cara mudah membuat share link file yang tersimpan di google drive.

Cara Mudah membuat share link google drive

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk menyajikan share link google drive, cara pertama yaitu dengan menyajikan share link google drive default, dan cara kedua dengan cara menyajikan direct link download (link langsung download).

Perbedaan keduanya terletak pada prosesnya kerjanya saja, jika yang dibuat adalah share link google drive default, maka file tersebut hanya bisa diperoleh oleh orang lain yang sama-sama harus memiliki akun google drive.


Sedangkan jika share link google drive yang disajikan dalam bentuk direct link download, file yang terdapat di google drive bisa langsung didownload oleh siapapun pengguna internet tanpa harus login ke palikasi google drive miliknya.

Cara #1 : Membuat share link google drive Default

Sharelink google drive default merupakan share link yang disajikan oleh google drive tanpa modifikasi, share link jenis ini jika diklik anda akan langsung masuk ke halaman google drive dimana lokasi file/dokumen yang dishare tersimpan, namun untuk mengaksesnya anda harus sudah memiliki akun google drive dan sudah login dengan menggunakan email gmail anda.

Cara membuat share link google drive biasa langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan buka alamat drive.google.com.

2. Lalu silahkan anda login menggunakan email gmail yang anda miliki dan juga passwordnya.

3. Lalu buat folder baru, jika file yang ingin anda share belum dimasukan
Jika file yang akan anda share belum dimasukan ke google drive, sebaiknya buat folder khusus untuk file-file yang akan anda share tersebut.

Caranya :

a. Pada halaman google drive anda, silahkan klik tombol New / Baru  > Pilih Folder di pojok kiri atas

Folder digunakan agar anda bisa lebih mudah mengelola file-file atau folder yang ingin anda share melalui google drive, beri nama saja share folder atau nama apa saja sesuai dengan yang anda inginkan.

b. Selanjutnya silahkan double-click folder yang baru anda buat tersebut untuk membukanya, kemudian silahkan anda upload atau pindahkan file-file dari komputer anda ke google drive agar bisa dishare secara online.

Cara mengupload file ke folder google drive tersebut cukup mudah:
  • Drag saja dari komputer anda ke google drive langsung
  • Atau dengan cara  klik kanan di halaman folder yang sudah terbuka tersebut, lalu pilih menu Upload files

Lagkah di atas hanya untuk anda dimanf file atau dokumen yang anda ingin share belum diupload.

4. Sedangkan jika file yang ingin anda share sudah ada di google drive, maka untuk melakukan share caranya klik kanan pada file, folder atau dokumen yang ingin anda buat share linknya, lalu pilih menu  Get sharable link seperti gambar di bawah ini:

Cara Mudah membuat share link google drive, Get Shareable Link, Tempat Menyimpan Dukoment Aman

Maka akan muncul dialog yang berisi sebuah URL yang bisa anda jadikan link untuk dishare seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Cara Mudah membuat share link google drive, Get Shareable Link, Tempat Menyimpan Dukoment Aman

Silahkan Copykan URL tersebut untuk anda share kepada teman, atapau orang yang berkepentingan dengan file tersebut.

URL Tersebut bisa anda share di facebook, twitter, whats app dan media sosial lainnya, anda juga bisa merubah URL tersebut menjadi sebuah link menggunakan kode HTML yang bisa diklik dengan kalimat yang anda inginkan dan bisa anda letakan di halaman blog atau situs.

Demo share link google drive adalah sebagai berikut:
Silahkan coba klik link tersebut, maka anda akan dibawa ke halaman google drive untuk melihat dan juga menyimpan file yang dishare oleh link tersebut.

Cara Memperpendek URL Share Link Google drive

Kelemahan share link dari google drive adalah url link tersebut terlalu panjang dan sulit dihapal karena menggunakan kode acak.

Oleh karena itu agar url link tersebut lebih mudah untuk dibaca oleh orang lain, maka anda bisa memperpendek link google drive tersebut dengan bantuan tool-tool url shortener gratis yang banyak tersedia.

Untuk demo saya akan coba menggunakan tool memperpendek url situs yaitu gg.gg, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs gg.gg

2. Kopikan URL share link dari google drive pada text yang disediakan.  terlihat seperti gambar di bawah ini:
Cara Mudah membuat share link google drive, Get Shareable Link, Tempat Menyimpan Dukoment Aman

Silahkan centang customize link, lalu masukan label untuk nama pendek link tersebut. seperti contoh di atas saya masukan sample, sehingga linknya akan menjadi
http://gg.gg/sample
Dengan url shortener, url link share google drive yang tadinya panjang menjadi lebih mudah dibaca , jadi lebih mudah disebutkan dan juga diingat.

3. Setelah itu silahkan tekan tombol Shorten URL, maka memperpendek link pun selesai.

Selanjutnya anda bisa membagikan link anda dengan alamat http://gg.gg/sample, bagaimana menjadi lebih pendek dan mudah diingat bukan!.

Cara #2 : Membuat Sharelink dengan tipe Direct Link

Sharelink dengan tipe direct link adalah link jika diklik anda akan langsung melakukan download dari google drive secara langsung, sharelink jenis ini bisa diakses oleh siapapun walupun user tidak memiliki akun google drive.

Cara untuk membuat link direct download caranya cukup mudah, anda tinggal memodifikasi format url sharelink yang sudah anda dapatkan dari sharelink google drive anda dengan format khusus.

Sebagai contoh, link google drive misalkan:
https://drive.google.com/open?id=0ByKWm8pn7ijnLXhHamdzTC1lRlk
Maka agar url di atas bisa menjadi url link direct download (langsung melakukan download ketika diklik), maka anda bisa memodifikasinya menjadi:
https://docs.google.com/uc?export=download&id=ID

ID bisa diganti menjadi ID google drive anda, misal jika menggunakan ID drive saya akan menjadi:
https://docs.google.com/uc?export=download&id=0ByKWm8pn7ijnLXhHamdzTC1lRlk

Url tersebut bisa anda share di facebook, twitter, kaskus, dan media sosial lainya, anda juga bisa meletakan link dengan url tersebut di halaman blog anda.

Untuk demo anda bisa klik link driect download berikut, lalu lihat hasilnya:

Jika link tersebut anda klik, seharusnya akan melakukan download otomatis.


Demikian artikel mengenai bagaimana cara Mudah membuat share link dari google drive, semoga bermanfaat.

==============================================

KLIK ORDER VIA WHATSAPP NOW

LIHAT LAYANAN VIDEO YANG KAMI KERJAKAN

Jasa Layanan Pembuatan Video Promosi Yang Kami Kerjakan Untuk Anda.
  • VIDEO PERUSAHAAN
    Mempromosikan Profil Perusahaan Anda Dengan Tampilan Video Profesional
  • VIDEO IKLAN FB & INSTAGRAM
    Promosikan Bisnis Anda Dalam Sebuah Video Viral Di Sosial Media Terbesar Saat ini
  • VIDEO PERNIKAHAN
    Mengabadikan Momen Penting Dalam Hidup Anda Dalam Sebuah Video Dengan Kualitas Terbaik
  • VIDEO SEMINAR & PRESENTASI
    Membuat Video Seminar & Presentasi Anda Sangat Menarik dan Tidak Membosankan

Anda Berminat Belajar Internet Marketing, Join With Us

Cara mudah membuat video cinematic selain dengan powerpoint




Blog Post

Related Post

Back to Top

Translate


Cari Artikel

tag

Jasa video animasi Arsitektur & Desain, Jasa video animasi Buku Bangunan, Jasa video animasi Buku Codes & Standars, Jasa video animasi Buku Dekorasi & Ornamen, Jasa video animasi Buku Desain Dapur, Jasa video animasi Buku Desain Kamar, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Keluarga, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Tamu, Jasa video animasi Buku Desain Rumah, Jasa video animasi Buku Interior & Eksterior, Jasa video animasi Buku Metode, Jasa video animasi Buku Taman, Jasa video animasi Material Bangunan, Jasa video animasi Buku Hukum, Jasa video animasi Buku Gender & Hukum, Jasa video animasi Buku Hukum Dagang, Jasa video animasi Buku Hukum Perdata, Jasa video animasi Buku Hukum Internasional, Jasa video animasi Buku Hukum Pidana, Jasa video animasi Buku Kemanusiaan, Jasa video animasi Buku Politik & Hukum, Jasa video animasi Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan, Jasa video animasi UUD 1945, Jasa video animasi Buku Import, Jasa video animasi Agriculture Book Import, Jasa video animasi Art & Novel Import, Jasa video animasi Child & Teenager Book Import, Jasa video animasi Computer Book Import,