menu melayang

POP UP NOTIFIKASI PEMBELI

Selasa, 27 Juni 2023

Cara Menjadi Digital Marketing

Cara Menjadi Digital Marketing
Mengenal Digital Marketer

Sebelum membahas lingkup pekerjaan dan Cara Menjadi Digital Marketing, mari kita pahami dulu sebutan digital marketer. Sebutan ini sering muncul untuk seseorang yang bekerja di bidang ini. Arti sesungguhnya dari dari digital marketer adalah seseorang yang mengerjakan pekerjaan di bidang digital marketing, orang tersebut tentu memiliki kemampuan untuk mengerjakan dan memahami tentang di bidang ini. 

Disetiap perusahaan digital marketer tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Tapi tugas utamanya adalah untuk menjalankan strategi pemasaran digital agar tujuan perusahaan tercapai. Mereka biasanya bekerja berdasarkan funnel marketing mana yang dipilih. Mulai dari brand awareness sampai konversi merupakan bagian dari tugas mereka. Platform dan tools yang digunakan juga beragam sesuai kebutuhannya, contohnya seperti website, sosial media, email, dan lain-lain

Peran Praktisi Digital Marketing

Dalam sebuah perusahaan seorang praktisi digital marketing memiliki peran yang penting. Karena pada zaman yang sudah modern peran mereka semakin dibutuhkan, peran mereka seperti:

  1. Melakukan pemasaran digital dengan memilih channel yang efektif, mereka memiliki tanggung jawab untuk mencari cara yang efektif untuk melakukan promosi yang terukur dan efisien agar tidak ada budget marketing yang membengkak.
  2. Membangun relasi perusahaan dengan konsumen. Mereka dibebaskan untuk memilih platform yang digunakan agar perusahaan dan konsumen terhubung dan terjadi interaksi. Interaksi ini sangat penting untuk membangun citra perusahaan yang baik.
  3. Mencari peluang pasar yang lebih luas, dengan bantuan tools dan skill analisa mereka bisa melihat peluang dan memperluas target pasar dari sebuah perusahaan
  4. Mengetahui data seputar kebiasan, demography, dan minat konsumen melalui platform digital. Dengan tools digital yang mereka gunakan, data tersebut bisa dimiliki dan menjadi acuan strategi digital marketing
  5. Membantu membangun eksistensi perusahaan di platform digital. Banyak calon pelanggan yang biasanya mencari info tentang produk atau jasa dari internet atau sosial media. Nah disini part mereka untuk menampilkan info tentang perusahaan secara lengkap dan menarik.

Kebutuhan Praktisi Digital Marketing di Indonesia

Ternyata di era digital ini kebutuhan praktisi digital marketing masih banyak peminatnya. Melihat dari trend dan kehidupan digital hari ini, memang pekerjaan ini masih banyak peminat dan memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Menurut Global Data terdapat peningkatan pertumbuhan e-commerce di Indonesia sebesar 23,8% pada tahun 2022. Diperkirakan trend ini akan terus meningkat sampai 2025 karena kebiasaan konsumen yang sudah terbiasa dengan belanja secara online. Melihat tren yang meningkat ini bisa diartikan bahwa kebutuhan praktisi digital marketing di Indonesia sangat dibutuhkan. Selain karena gaji digital marketing yang menarik, hal in karena kebutuhan pasar yang meningkat.

Hal yang Menjadi Pertimbangan Gaji Digital Marketing

Gaji digital marketing tentu memiliki perbedaan dari satu perusahaan dengan yang lain. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti:

Pendidikan yang Pernah DIjalankan

Pendidikan yang pernah dijalankan bisa mempengaruhi gaji digital marketing. Bagi yang memiliki ijazah dan sertifikat berpeluang untuk direkrut dan memiliki gaji yang lebih besar dari yang tidak. Meski begitu ilmu digital marketing dapat kamu pelajari dari mana saja karena tidak terikat dengan satu rumpun ilmu saja.

Skill yang Dimiliki

Yang pertama adalah skill yang kamu miliki. Skill akan mempangatuhi, Karena ini adalah tolak ukur pengukuran kemampuan bagi calon kandidat praktisi digital marketing. Semakin banyak skillset yang kamu miliki, akan semakin gaji yang didapat. Contohnya adalah ketika kamu bisa handal sebagai SEO maka kamu hanya akan menjadi pegawai yang mengurus SEO. Tapi jika kamu juga bisa menguasai SEM dan Content Strategist maka kamu akan mendapat lebih banyak benefit dan berpeluang untuk mendapat jabatan yang lebih besar.

Portofolio yang Menarik

Meskipun kamu memiliki skill yang mumpuni tentu harus dibuktikan secara nyata, nah portfolio bisa membantu kamu untuk membuktikan hasil kerja yang pernah dilakukan. Buatlah portofolio yang menarik agar para recruiter tertarik merekrut dan memberikan gaji yang tinggi.

Jenis dan Skala Perusahaan

Jenis perusahaan menjadi hal yang dapat mempengaruhi gaji yang akan kamu terima. Jika jenis dan skala perusahaan yang kamu apply selevel dengan startup unicorn maka kamu akan mendapat gaji yang lebih besar, dari pada bisnis baru merintis atau UMKM.

Domisili Perusahaan

Domisili perusahaan akan mempengaruhi besaran gaji digital marketing. Hal ini dikarenakan standar gaji di setiap daerah berbeda, seperi DKI Jakarta dan Kota Malang memiliki upah minimum yang berbeda. Jadi kamu harus mengetahui domisili perusahaan yang akan dilamar.

Pengalaman Kerja

Selain portofolio yang menarik dan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja juga menjadi pertimbangan. Karena para recruiters ingin melihat apa saja pekerjaan sebelumnya, level kesulitan pekerjaanya, dan skala project yang pernah kamu tangani. Dengan memiliki pengalaman kerja sebelumnya kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih besar ketimbang yang tidak memiliki pengalaman kerja.

Berapa Kisaran Gaji Digital Marketing di Indonesia

Sekarang kita akan membahas kisaran gaji digital marketing di Indonesia. Perlu diketahui besaran gajinya akan berbeda dari satu perusahaan dengan yang lain, selain itu ada faktor tanggung jawab dan tugas kerja yang mempengaruhi perbedaan ini. 

Menurut laporan dari glints yang berjudul Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 inilah kisaran praktisi digital marketing berdasarkan level jabatannya:

  1. Digital Marketing Staff: Rp.5.000.000 - Rp 8.000.000
  2. Digital Marketing Specialist: Rp 6.000.000 - Rp 10.000.000
  3. Digital Marketing Manager: Rp 12.000.000 - Rp 18.000.000
  4. Digital Marketing Analyst: ± Rp 10.000.000

Berikut ini kisaran gaji digital marketing jika dibedakan dari pekerjaanya:

  1. Pay-Per-Click Analyst: Rp 4.400.000 - Rp 6.500.000
  2. Content Strategist: Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000
  3. Email Marketing Specialist:  Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000
  4. E-Commerce Specialist: Rp 6.000.000 - Rp 7.000.000
  5. SEO Specialist: Rp 6.000.000 - Rp 10.000.000
  6. Social Media Specialist: ± Rp 7.000.000
  7. Content Marketing Manager: Rp 10.000.000 - Rp 12.000.000
  8. Paid Media Specialist: ± Rp 60.000.000/tahun
  9. Digital Marketing Specialist: Rp 12.000.000 - Rp 18.000.000

Tugas Kerja Digital Marketing Berdasarkan Jabatan

Setelah mengetahui kisaran gaji digital marketing, kita perlu tahu juga tentang Tugas Kerja Digital Marketing yang akan dibedakan berdasarkan jabatan diemban. Di setiap perusahan pun juga akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda tapi mereka memiliki tujuan yang  sama berdasarkan strategi dan funnel marketing yang dijalankan. Nah tugas dan tanggung jawabnya sebagai berikut:

Content Marketing

Yang pertama adalah Content Marketing, jabatan ini memiliki tugas membuat konten yang berkualitas untuk kebutuhan pemasaran. Konten ini juga bertujuan untuk memudahkan konsumen memahami produk atau jasa yang kamu tawarkan. Untuk platform digital konten adalah hal yang sangat penting untuk memancing konsumen.

Sosial Media Marketing

Tugas dari divisi ini adalah untuk menjangkau konsumen melalui sosial media. Selain itu mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga citra sebuah perusahaan di platform digital, dan secara membangun awareness dengan berinteraksi dan menyajikan konten untuk para konsumen.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO biasanya bertanggung jawab mengoptimasi blog,website, dan semua yang muncul di mesin pencari. Mereka bertugas melakukan keyword research, membuat artikel dan membangun brand awareness perusahaan. 

Search Engine Marketing (Digital Ads)

Search Engine Marketing atau SEM memiliki tugas untuk membuat strategi dan mengiklankan konten yang telah dibuat. Jadi mereka mengatur budget iklan, platform tujuan, dan strategi yang akan dijalankan. Mereka memiliki tujuan untuk mencari lebih banyak calon konsumen dengan presisi.

Cara Menjadi Seorang Digital Marketer

Setelah mengetahui kisaran gaji digital marketing dan tugasnya, kamu mungkin mulai terpikirkan untuk berkarir di bidang ini. Tapi sebelum itu kamu harus memiliki skill set yang mumpuni dan pemahamannya, kamu bisa coba belajar dari Youtube, buku, atau podcast untuk memahami teori dan pemahaman tentang digital marketing. Tapi kamu masih membutuhkan klien atau project untuk mempraktekan ilmu yang telah dipelajari, dan mengoperasikan tools agar pemahaman kamu lebih meyakinkan.


Baca juga :
 

MAU BELAJAR DIGITAL MARKETING


Pengalaman Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun, dan menghasilkan ratusan video..


Kualitas tinggi Beberapa desain video kami telah menghasilkan puluhan rupiah.


Cepat Anda tidak perlu menunggu lama, Karena sudah ada jadwal pelatihan.


Fasilitas Template Tidak hanya mendesain video, kami juga Memberikan template Anda.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Translate


Cari Artikel

Arsip Blog

tag

Jasa video animasi Arsitektur & Desain, Jasa video animasi Buku Bangunan, Jasa video animasi Buku Codes & Standars, Jasa video animasi Buku Dekorasi & Ornamen, Jasa video animasi Buku Desain Dapur, Jasa video animasi Buku Desain Kamar, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Keluarga, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Tamu, Jasa video animasi Buku Desain Rumah, Jasa video animasi Buku Interior & Eksterior, Jasa video animasi Buku Metode, Jasa video animasi Buku Taman, Jasa video animasi Material Bangunan, Jasa video animasi Buku Hukum, Jasa video animasi Buku Gender & Hukum, Jasa video animasi Buku Hukum Dagang, Jasa video animasi Buku Hukum Perdata, Jasa video animasi Buku Hukum Internasional, Jasa video animasi Buku Hukum Pidana, Jasa video animasi Buku Kemanusiaan, Jasa video animasi Buku Politik & Hukum, Jasa video animasi Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan, Jasa video animasi UUD 1945, Jasa video animasi Buku Import, Jasa video animasi Agriculture Book Import, Jasa video animasi Art & Novel Import, Jasa video animasi Child & Teenager Book Import, Jasa video animasi Computer Book Import,