menu melayang

POP UP NOTIFIKASI PEMBELI

Kamis, 08 Juni 2023

Cara Pengembalian Barang di Tiktok Shop, 5 Syarat dan 7 Langkah

Cara Pengembalian Barang di Tiktok Shop, 5 Syarat dan 7 Langkah

Iptahudi.com - Cara Pengembalian Barang di Tiktok Shop, 5 Syarat dan 7 Langkah - Ketika membeli barang di Tiktok Shop, pastikan Anda sudah mengecek jenis barang secara benar dan sesuai dengan yang diinginkan. Jika ternyata barang yang dikirim salah, tentu perlu melakukan cara pengembalian barang di Tiktok Shop.

Hal tersebut dilakukan supaya penjual bisa mengirimkan kembali, yang benar-benar tepat atau Anda meminta uang kembali. Beli barang tidak sesuai ekspektasi atau penjual mengirim barang yang tidak sesuai dengan deskripsi mungkin saja terjadi bukan?

Baca Juga : 4 Cara Melihat Penghasilan TikTok Yag Paling Banyak Digunakan

Syarat Penting jika Anda Ingin Mengembalikan Barang di Tiktok Shop

Tidak semua barang yang sudah Anda beli melalui Tiktok Shop dapat dikembalikan, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar tidak ada yang dirugikan.

1. Alasannya Masuk Akal

Terkadang pembeli hanya tidak suka saja dengan barang yang diterimanya, padahal secara prosedur sudah sesuai dengan proses pembelian online di Tiktok Shop. Maka alasan ini, kemungkinan besar akan dipertimbangkan terlebih dahulu oleh penjual. Sedangkan alasan masuk akal diantaranya:

● Barang Tidak Sengaja Diorder

Banyak kejadian, anak-anak bermain HP orang tuanya kemudian iseng membeli barang melalui aplikasi Tiktok. Atau ketika Anda tanpa sengaja menekan tombol order, padahal sebenarnya tidak ingin membeli barang tersebut.

● Barang Beda dengan Pesanan

Ketika barang yang diterima tidak sesuai atau berbeda dengan pesanan, tentu tidak ada pembeli yang mau menerima. Misalnya, Anda order tas warna hijau ternyata yang dikirim tas warna merah tanpa memberikan konfirmasi.

Otomatis pembeli tidak mau menerima dan memilih mengembalikan barang tersebut, untuk diganti dengan yang benar atau membatalkan pesanan sehingga uang juga bisa kembali.

● Salah Pesan

Kesalahan pemesanan, misalnya Anda mau pesan taplak meja motif A namun ternyata saat order terpencet motif B. Sehingga pembeli akhirnya mengirimkan motif B sesuai data di sistem.

Namun, untuk alasan ini akan sangat bergantung kepada penjual apalagi kalau keteledoran bukan dari pihak penjual.

● Barang yang Diterima Tidak Lengkap

Satu paket barang yang dijual di Tiktok Shop, ternyata tidak sampai secara keseluruhan. Kondisi ini juga dapat dijadikan alasan, untuk menggunakan cara pengembalian barang di Tiktok Shop yang tepat. Biasanya, penjual akan mengganti barang dengan yang lengkap.

● Barang Rusak

Bisa saja barang yang dikirim penjual diterima pembeli dalam kondisi rusak, tidak bisa digunakan. Maka alasan ini dapat dijadikan poin penting, ketika Anda ingin mengembalikan barang ke pihak penjual atau merchant Tiktok Shop.

● Penjual Tidak Komitmen

Penjual tidak komit dengan order yang dilakukan pembeli, seperti mengirim barang random padahal pembeli sudah memberikan note pada halaman check out. Bisa juga ketika ternyata kualitas barang yang diterima sangat rendah, beda dengan promosi yang dilakukan melalui Tiktok.

Baca Juga :  4 Cara Jualan di TikTok Shop Live, Jual Produk Sendiri dan Affiliate

2. Barang Sudah Diterima Terlebih Dahulu

Pastikan Anda sudah menerima barang dari penjual, sebelum memutuskan untuk mengembalikannya. Jangan lupa cek dulu barang, pastikan dikirim dengan kondisi sama dengan saat Anda menerimanya.

Contohnya, Anda membeli peralatan kantor yang akan masuk dalam aset tetap. Jika sudah diterima dan jelas harganya maka selain angkanya akan masuk ke dalam daftar fixed cost adalah penting untuk memastikan barang sudah ada di tangan Anda.

3. Penjual Bersedia Menerima Barang Tersebut

Kalaupun Anda ingin mengirim kembali barang yang tidak sesuai kepada penjual, harus mendapatkan persetujuan penjual untuk menerimanya kembali. Tentunya dengan melakukan koordinasi dan komunikasi komplain barang kepada penjual.

4. Ada Nomor Rekening yang Jelas

Mengirimkan barang yang sudah dibeli kembali ke penjual, akan masuk kategori refund apabila Anda tidak mau penjual mengirim barang lain yang sesuai spesifikasi pilihan Anda. Untuk itu dibutuhkan nomor rekening Anda yang aktif, supaya proses refund juga bisa berjalan lancar.

5. Komunikatif

Pastikan untuk komunikatif dengan penjual, Anda perlu menjelaskan secara detail apa permasalahan yang terjadi sehingga barang yang sudah diterima harus dikembalikan.

Begitu juga pihak penjual, juga harus bisa memberikan penjelasan dan memutuskan dengan jelas. Apakah akan menerima barang tersebut atau memprosesnya dengan cara lain.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Saldo Tiktok Tidak Bisa Ditarik

Bagaimana Cara Pengembalian Barang di Tiktok Shop

Kalau alasan Anda untuk mengembalikan barang diterima penjual, maka tinggal melakukan cara pengembalian barang di Tiktok Shop seperti berikut ini.

  • Aktifkan perangkat ponsel Anda, lalu buka aplikasi Tiktok
  • Pilih menu “option” lalu pilih menu “pengaturan dan privasi”
  • Klik pada menu “pesanan” dan pilih opsi “view all” untuk melihat daftar pesanan Anda yang sudah dikirim dan mau dikembalikan
  • Temukan barang yang mau dikembalikan, lalu klik kanan dan pilih opsi “request refund”
  • Saatnya menunggu alamat pengiriman barang oleh penjual
  • Kirim barang melalui kurir yang disediakan
  • Jangan lupa untuk menyimpan resi pengiriman barang tersebut, share kepada penjual untuk memastikan mereka menerima barang dari Anda dan segera memproses refund yang sudah diajukan.

Baca Juga : Cara Mudah Meghilangkan Watermark di Canva

Apakah Anda Ingin Dana Transaksi Tiktok Shop Dikembalikan? Pakai Cara Ini

Setelah barang yang tidak sesuai dari penjual dikembalikan kepada penjual itu sendiri, Anda juga bisa sekaligus mengajukan pengembalian uang dengan langkah yang mudah.

  • Buka aplikasi Tiktok
  • Masuk ke halaman Tiktok Shop, lalu pilih menu “refund method”
  • Pilih opsi bank transfer.
  • Kemudian masukkan data rekening bank penerima dana refund tersebut. Pastikan memberikan data benar, mulai dari nama bank, nama pemilik rekening, nomor rekening, alamat bank
  • Tekan tombol “send” lalu klik pada pilihan “confirm for withdraw”
  • Saatnya menunggu proses refund sampai dana masuk ke rekening Anda. Biasanya akan ditransfer setelah barang diterima kembali oleh penjual.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Video TikTok Tidak Ada Suara

Dengan adanya Tiktok Shop, semakin banyak marketplace berkualitas di Indonesia. Namun Anda tetap harus teliti memilih penjual dan barang yang mau dibeli, supaya tidak perlu memakai cara pengembalian barang di Tiktok Shop untuk produk-produk yang sudah dibeli.



MAU BELAJAR DIGITAL MARKETING


Pengalaman Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun, dan menghasilkan ratusan video..


Kualitas tinggi Beberapa desain video kami telah menghasilkan puluhan rupiah.


Cepat Anda tidak perlu menunggu lama, Karena sudah ada jadwal pelatihan.


Fasilitas Template Tidak hanya mendesain video, kami juga Memberikan template Anda.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Translate


Cari Artikel

Arsip Blog

tag

Jasa video animasi Arsitektur & Desain, Jasa video animasi Buku Bangunan, Jasa video animasi Buku Codes & Standars, Jasa video animasi Buku Dekorasi & Ornamen, Jasa video animasi Buku Desain Dapur, Jasa video animasi Buku Desain Kamar, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Keluarga, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Tamu, Jasa video animasi Buku Desain Rumah, Jasa video animasi Buku Interior & Eksterior, Jasa video animasi Buku Metode, Jasa video animasi Buku Taman, Jasa video animasi Material Bangunan, Jasa video animasi Buku Hukum, Jasa video animasi Buku Gender & Hukum, Jasa video animasi Buku Hukum Dagang, Jasa video animasi Buku Hukum Perdata, Jasa video animasi Buku Hukum Internasional, Jasa video animasi Buku Hukum Pidana, Jasa video animasi Buku Kemanusiaan, Jasa video animasi Buku Politik & Hukum, Jasa video animasi Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan, Jasa video animasi UUD 1945, Jasa video animasi Buku Import, Jasa video animasi Agriculture Book Import, Jasa video animasi Art & Novel Import, Jasa video animasi Child & Teenager Book Import, Jasa video animasi Computer Book Import,