menu melayang

POP UP NOTIFIKASI PEMBELI

Jumat, 11 Februari 2022

Strategi Pemasaran Online Menggunakan Waebsite Sebagai Pusat Aktivitas Digital Marketing

Strategi Pemasaran Online Menggunakan Website Sebagai Pusat Aktivitas Digital Marketing

Pemahaman strategi pemasaran online

Pemasaran online adalah teknik marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, misalnya melalui website, media sosial, iklan, blog, dan sebagainya. Manfaatnya pun banyak dirasakan oleh para pebisnis sebab di era sekarang ini pengguna medsos, situs web, maupun aplikasi berbasis internet selalu meningkat, terutama konten video. 

Pemasaran Online atau bisa disebut juga Digital Marketing merupakan teknik pemasaran terkini dengan bermodalkan internet. Selain bisa menjangkau ke seluruh dunia, pemasaran online bisa dilakukan hanya di depan komputer anda. tentunya ada strategi di dalamnya yang perlu anda ketahui.

Strategi Pemasaran Online Menggunakan Website Sebagai Pusat Aktivitas Digital Marketing

Sebelum masuk para pembahasan utama mengenai strategi pemasaran online ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan pemasaran secara online atau sering juga di kenal dengan online marketing. Sederhananya definisi online marketing adalah sebuah usaha untuk memperkenalkan suatu produk ke masyarakat luas melalui internet.

Seperti yang kita tahu bersama jika internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Maka tidak heran jika pengguna internet setiap harinya selalu mengalami kenaikan yang sangat pesat. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah peluang besar untuk memasarkan bisnis atau produk kita secara lebih luas lewat internet. Ada banyak sekali strategi pemasaran online yang dapat kita coba dan semua itu akan di bahas pada artikel ini. Tonton Juga : Download Kumpulan Template Powerpoint untuk Konten Pemasaran

 

Strategi Pemasaran Online

Digital marketing memiliki banyak cara sesuai dengan produk, layanan, dan target konsumen. Adapun beberapa strategi pemasaran online adalah sebagai berikut.

1.       SearchEngine Optimization (SEO)

Strategi pemasaran online yang pertama adalah SEO atau Search Engine Optimization. Tujuan SEO sebagai sarana pemasaran online adalah agar website Anda muncul di halaman pertama Google. Namun ini dilakukan tanpa penggunaan iklan melalui Google Ads, sehingga kunci keberhasilannya terletak pada konten yang disajikan dalam website perusahaan.

Saat ini, SEO dibagi menjadi dua, yakni sebagai berikut:

  • SEO on-page: optimasi SEO di dalam website itu sendiri. Hal ini dilakukan melalui pembuatan konten SEO friendly.
  • SEO off-page: optimasi SEO yang berasal dari luar website, yakni melalui penambahan backlink.
  • Technical SEO: Optimasi website secara teknis agar mudah di ranking oleh Google

2.     Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click atau PPC adalah pemasaran produk menggunakan iklan berbayar, dimana nantinya Anda akan membayar jasa promosi sesuai jumlah klik yang dilakukan oleh konsumen. Keuntungan menggunakan Pay Per Click sebagai strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Mengontrol budget yang dikeluarkan untuk iklan.
  • Mengatur target konsumen.
  • Bebas memilih platform tempat menampilkan iklan sesuai kebutuhan usaha.
  • Mengatur durasi penampilan iklan.

3.     Content Marketing

Salah satu strategi terbanyak yang dilakukan pada media pemasaran online adalah melalui content marketing. Anda dapat membuat artikel, infografis, e-magazine, atau video untuk diunggah di website maupun media sosial.

4.     Affiliate Marketing

Selanjutnya, strategi melakukan pemasaran online adalah bekerjasama dengan pengusaha lain untuk saling memasarkan produk dan membagi keuntungannya. Hal ini tak hanya berpeluang pada peningkatan penjualan, namun juga memperluas relasi bisnis Anda sehingga semakin dikenal banyak kalangan.

Strategi Pemasaran Online Menggunakan Waebsite Sebagai Pusat Aktivitas Digital Marketing

Jenis-Jenis Pemasaran Online

Setelah mengetahui strategi untuk memasarkan produk, kenali juga jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut.

1.       Website

Salah satu media pemasaran online adalah website. Tak hanya mudah digunakan, website juga lebih efektif dibanding media sosial dan email karena memiliki kemungkinan untuk terus berkembang dalam jangka panjang. Jadi, Anda hanya perlu menulis artikel menarik, menambahkan informasi seputar produk, promo, kontak, dan memastikan konten di dalamnya SEO friendly.

2.     Search Engine Marketing (SEM)

Contoh pemasaran online adalah menggunakan SEM, yakni mengiklankan website perusahaan agar menempati halaman pertama di pencarian Google. Tentu layanan ini berbayar karena Anda harus menggunakan iklan. Namun hasilnya terbilang cepat karena iklan produk akan selalu muncul di first page ketika konsumen mencari jenis produk tersebut.

3.     Online Advertising

Online advertising adalah jenis pemasaran dengan memanfaatkan iklan untuk ditampilkan di website, YouTube, atau media sosial. Contohnya adalah dengan berlangganan Google Ads.

4.     Email Marketing

Bagi Anda yang telah memiliki basis pelanggan cukup luas, pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan mereka melalui penawaran diskon, promo, produk terbaru, dan strategi lain melalui email marketing. Tindakan ini cukup efektif untuk mempertahankan loyalitas konsumen.

5.     Social Media Marketing

Tren penggunaan Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, dan Twitter yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan membuat pemasaran online adalah hal yang dapat dilakukan secara mudah melalui sosial media. Anda cukup membuat postingan dan copy menarik atau menggunakan jasa endorse untuk memasarkan produk.

Selain itu, cara meningkatkan efektivitas kinerja media sosial sebagai tempat pemasaran online adalah dengan melakukan survey produk atau layanan yang sedang digemari masyarakat melalui fitur polling. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas produksi.

Strategi Pemasaran Online Menggunakan Waebsite Sebagai Pusat Aktivitas Digital Marketing

Website Vs Media Sosial

Meskipun mediasosial merupakan tool marketing yang bagus, website juga tidak kalah keren. Malahan banyak sekali peluang yang bisa digali dengan menjadikan website sebagai pusat dari agenda pemasaran online.

Untuk itu, agar bisa menyampaikan pesan pemasaran pada target audiens secara online dengan efektif, harus menjadikan website sebagai marketing tool. Yang akan menjadi rujukan bagi setiap orang yang ingin mengetahui produk apa saja yang ditawarkan.

Lebih jauh dari itu, website kita tidak hanya akan memberikan kesan pertama yang dialami sebagian besar orang saat kepo tentang bisnis kita. Tetapi juga “rumah” bagi semua materi pemasaran online bisnis kita.

Dengan kata lain, target audiens akan menggunakan website untuk mempelajari lebih lanjut tentang 3 hal berikut:

·       Gambaran usaha kita

·       Produk dan layanan kita

·       Nilai-nilai dan budaya perusahaan 

Tonton Juga : Download Template Powerpoint gratis dan banyak pilihan

Langkah Strategis 3-6 Bulan Pertama 

Ada beberapa langkah strategis yang bisa kita lakukan pada tahapan awal. Setidaknya di masa 3-6 bulan pertama, untuk membangun kampanye digital di ranah online. Antara lain: 

  1. Membuat website, menata layout dan penuhi seluruh fitur yang diperlukan di dalamnya.
  2. Membangun konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat bagi target audiens. Serta SEO-able agar memudahkan search engine menemukan konten yang ada di dalam website. 
  3. Membuat landing page untuk produk unggulan dengan copywriting yang mengarah ke konversi penjualan. 
  4. Promosi online via Google Ads, Facebook Ads, dan Instragram Ads. Tujuannya untuk membangun brand awareness dan mengarahkan trafik pengunjung dari media sosial ke website. 
  5. Merapikan akun-akun di platform marketplace, menata ulang tampilan produk-produk yang akan dijual, serta memanfaatkan fasilitas promosi di marketplace. Harapannya tetap ada penjualan selama masa transisi ke website. 
  6. Membuat SOP customer support yang lebih efektif dan efisien. Nantinya ini bisa digunakan untuk support layanan chat via website maupun marketplace. 
  7. Mulai membangun interaksi dengan target audiens melalui platform media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Strategi Pemasaran Online Menggunakan Waebsite Sebagai Pusat Aktivitas Digital Marketing

Cara Melakukan Pemasaran Online

Meskipun terkesan mudah karena dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun melalui gadget, guna mendapat keuntungan pemasaran online yang maksimal, Anda perlu menggunakan beberapa cara berikut.

1.       Tentukan Jenis dan Strategi Pemasaran Online

Langkah pertama dalam melakukan pemasaran online adalah dengan menentukan terlebih dahulu strategi dan jenis yang tepat menurut budget serta kebutuhan Anda. Hal ini akan mempermudah dalam mengatur pembuatan konten, modal, dan sebagainya.

2.     Tentukan Target Konsumen

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk melakukan segmentasi terhadap calon konsumen, misalnya berdasarkan tempat tinggal, sosial-budaya, waktu, dan harga sesuai kemampuan ekonomi. Selain itu, sasaran demografis yang perlu diperhatikan dalam pemasaran online adalah jenis kelamin, penghasilan, dan usia. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan produk maupun strategi marketing sesuai sasaran.

3.     Buat Konten yang Menarik

Setelah mengetahui target yang akan disasar, langkah selanjutnya untuk melakukan pemasaran online adalah pembuatan konten yang menarik dan bersifat persuasif sesuai dengan target pasar.

4.     Gunakan Tools untuk Digital Marketing

Setelah mengunggah konten sesuai strategi dan platform yang diinginkan, lakukan pemantauan juga evaluasi. Beberapa tools untuk memantau efektivitas pemasaran online adalah Google Analytics, Ahrefs, Yoast, dan sebagainya.

 

Manfaat Pemasaran Online

Pemasaran online adalah suatu gagasan yang tergolong baru dalam dunia bisnis. Sejauh ini, beberapa manfaat dari adanya teknik marketing tersebut meliputi beberapa hal berikut.

  • Menjangkau lebih banyak calon pembeli, bahkan hingga lintas negara.
  • Promosi dapat dilakukan dengan lebih fleksibel kapan pun dan dimana pun.
  • Hemat tenaga dan biaya asalkan Anda memiliki skill yang dibutuhkan dalam pemasaran, seperti copywriting dan editing.
  • Mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli karena Anda dapat merespon pertanyaan konsumen secara cepat.

 

Ketika pondasi marketing pada website sudah kokoh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan forecasting dan memperdalam strategi marketing yang lebih mendorong ke konversi penjualan. 

Semoga bermanfaat 

 

Mengenai Harga paket pesan pembuatan video promosi. Kami Memberikan konsultasi, konsep dan eksekusi yang matang sesuai dengan kebiasaan dan target pasar yang kita tuju.

LIHAT DEMO VIDEO PROMOSI 

LIHAT BAGAIMANA CARA PEMESANAN VIDEO PROMOSI

Jika anda mempunyai produk yang akan di buatkan video dan belum ada team yang bisa membantu anda, maka tidak perlu kawatir, konsultasikan pada kami konsep video anda, dan seterusnya biarkan team kami yang kerjakan. Untuk Kepentingan anda silahkan masuk di group dan chat saya di link berikut :

KLIK ORDER VIA WHATSAPP NOW

LIHAT LAYANAN VIDEO YANG KAMI KERJAKAN

Jasa Layanan Pembuatan Video Promosi Yang Kami Kerjakan Untuk Anda.
  • VIDEO PERUSAHAAN
    Mempromosikan Profil Perusahaan Anda Dengan Tampilan Video Profesional
  • VIDEO IKLAN FB & INSTAGRAM
    Promosikan Bisnis Anda Dalam Sebuah Video Viral Di Sosial Media Terbesar Saat ini
  • VIDEO PERNIKAHAN
    Mengabadikan Momen Penting Dalam Hidup Anda Dalam Sebuah Video Dengan Kualitas Terbaik
  • VIDEO SEMINAR & PRESENTASI
    Membuat Video Seminar & Presentasi Anda Sangat Menarik dan Tidak Membosankan.


JASA PEMBUATAN VIDEO PROMOSI

Apakah Kamu Ingin Bisa Membuat Video Promosi yang Keren

Ciptakan tren terbaru video promosi dengan animasi yang unik, menarik dan menyentuh hati calon pelanggan Anda. Layanan: Video Animasi Explainer & Video Slideshow





Blog Post

Related Post

Back to Top

Translate


Cari Artikel

Arsip Blog

tag

Jasa video animasi Arsitektur & Desain, Jasa video animasi Buku Bangunan, Jasa video animasi Buku Codes & Standars, Jasa video animasi Buku Dekorasi & Ornamen, Jasa video animasi Buku Desain Dapur, Jasa video animasi Buku Desain Kamar, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Keluarga, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Tamu, Jasa video animasi Buku Desain Rumah, Jasa video animasi Buku Interior & Eksterior, Jasa video animasi Buku Metode, Jasa video animasi Buku Taman, Jasa video animasi Material Bangunan, Jasa video animasi Buku Hukum, Jasa video animasi Buku Gender & Hukum, Jasa video animasi Buku Hukum Dagang, Jasa video animasi Buku Hukum Perdata, Jasa video animasi Buku Hukum Internasional, Jasa video animasi Buku Hukum Pidana, Jasa video animasi Buku Kemanusiaan, Jasa video animasi Buku Politik & Hukum, Jasa video animasi Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan, Jasa video animasi UUD 1945, Jasa video animasi Buku Import, Jasa video animasi Agriculture Book Import, Jasa video animasi Art & Novel Import, Jasa video animasi Child & Teenager Book Import, Jasa video animasi Computer Book Import,